Masukan alamat emailmu disini untuk mendapatkan berita tentang artikel atau kontes terbaru di blog ini :

Delivered by FeedBurner


Antara pilihan kerja dan menjadi fulltime pebisnis internet

Labels:

Wah teman-teman lagi bingung nih, bahasa kerennya sih dilemma. Gw kan udah semester 7, artinya semester depan gw lulus (yakin lulus :D). Berarti setelah lulus harus udah punya rencana donk? Gw nag mau kaya sebagian besar lulusan universitas yang katanya bergelar tapi malah nganggur hu hu hu...

Gw sih pinginnya langsung berbisnis sendiri menjadi internet businessman. Namun ada halangan, gw disuruh kerja di Jakarta dulu mencari pengalaman oleh keluarga gw. Duh aduh...kalaupun mau kerja setidaknya jangan di jakarta donk soalnya tingkat stress yang tinggi, kriminalitas yang tinggi, biaya hidup yang tinggi, semua serba tinggi kecuali menurut saya gajinya tidak terlalu tinggi (tinggi atau tidak kan relatif bila dibandingkan dengan biaya hidupnya). Alasan mereka, mencari pengalaman, latihan tentang kehidupan yang sebenarnya, dll....Menurutku sih itu tidak perlu sama sekali...Ngapain buang waktu? Mencari pengalaman? Bisnis sendiri juga pengalaman. Latihan tentang kehidupan yang sebenarnya? Aneh, stress kok dijadikan latihan? Sekali lagi, itu buang waktu.
Lagian misal fresh graduate di jakarta dihargai 3,000,000 rupiah (udah angka yang bagus tuh), biaya hidup mungkin saja 1,500,000 sebulan. Sisa 1,500,000 lagi misal 500,000 nya dipakai untuk keperluan hiburan maka sisa cuma 1 jeti. Satu juta dikali misal kuat kerja di jakarta 2 tahun maka cuma terkumpul 24 juta. Angka yang besar? Oh tidak...Mari kita bandingkan...

Gw bisa bisnis di internet, yang selama ini memang menjadi penghasilan terbesar saya. Pendapatanku dari internet sekarang memang masih kurang dari $500 per bulan, tapi jika gw bisa full mengerjakan dan konsen ke bisnis ini maka gw yakin setidaknya $500 di tangan tiap bulannya. Biaya hidup di Bandung (kotaku sekarang) misal 1,500,000 itu pun sudah termasuk biaya keperluan hiburan (well, di bandung biaya hidup seorang diri tak terlalu besar) maka masih ada sisa 3,500,000 kerja 1 tahun pun sudah 42 juta, hampir 2x lipat angka yang terkumpul bila gw kerja sama orang di jakarta. Selain itu, gw nga betah kerja di bawah seorang boss, dan gw males beradaptasi. Gw udah suka kehidupan gw yang sekarang, kota gw, banyak temen di bandung, dll....Oh no kalau harus pindah ke jakarta...!!! Jika boleh milih mau pindah kemana, please no jakarta, setidaknya Yogyakarta donk :D

Nah, permasalahannya adalah bagaimana agar gw tidak dipaksa-paksa lagi kerja di Jakarta? Penjelasan yang kuberikan sepertinya tidak mempan bagi mereka, aduh2....Help me, my friend...!!!!



0 komentar:

Post a Comment